Personal atau
pegawai kantor adalah keseluruhan orang-orang yang bekerja pada suatu.
kantor tertentu.
- Pegawai negeri adalah pegawai yang bekerja di instansi--instansi pemerintah dan digaji oleh pemerintah.
- Pegawai swasta adalah pegawai yang bekerja di luar instansi pemerintah, yaitu di perusahaan swasta dan digaji oleh perusahaan atau kantor yangbersangkutan
- Pegawai tetap adalah pegwai yang sudah memiliki status, gaji dan tunjangan tetap, baik di instansi pemerintah maupun swasta
- Pegawai honorer adalah pengwai yang belum memiliki status, gaji dan tunjangan tetap. Baik bekerja pada instansi pemerintah maupun swasta.
Pengertian
Personal Kantor
- Personal kantor
sebagai tenaga substansi dalam instansiAdalah
keseluruhan orang-orang yang bekerja dalam suatu orgnisasi dan menduduki suatu
jabatan dalam pekerjaannya sesuai dengan struktur jabatan yang ada dalam
instansi yang bersangkutan.
Misal: General Manager, Staf Manager, Supervisor, Kepala Bagian dll
Ada dua macam jabatan , yaitu :
1.
Jabatan struktural yaitu jabatan
yang secara tegas ada dalam struktur organisasi.
Misal
: Sekretaris Jenderal, Direktur Jenderal. Kepala Biro dll
2.
Jabatan
Fungsional
yaitu jabatan yang tidak jelas disebutkan atau digambarkan dalam struktur
organisasi, tetapi jabatan itu harus ada karena fungsinya memungkinkan
kelancaran tugas organisasi itu.
Misal
: Peneliti, Dokter, Dosen, Guru dll
Berikut ini merupakan jabatan struktural
dan fungsional dalam lingkungan pendidikan :
1.
Jabatan
struktural di Perguruan Tinggi:
·
Guru
Besar
·
Lektor
Kepala
·
Lektor
·
Lektor
Madya
·
Lektor
Muda
·
Asisten
Ahli
·
Asisten
Muda
2.
Jabatan struktural di SD, SLTP, SMU dan SMK
teridiri atas :
·
Pengawas
·
Kepala
SMU / SMK
·
Kepala
SLTP
·
Penilik
SD
·
Kepala
SD
3.
Jabatan
fungsional guru :
·
Guru
Utama * Guru Madya Tingkat I
·
Guru
Utama Madya * Guru Madya
·
Guru
Utama Muda * Guru Muda Tingkat I
·
Guru
Pembina Tingkat I * Guru Muda
·
Guru
Pembina * Guru Pratama Tingkat I
·
Guru
Dewasa Tingkat I * Guru Pratama
·
Guru
Dewasa
b.
Personal Kantor
sebagai tenaga administrasi
Adalah pada keseluruhan orang-orang yang bekerja
pada suatu instansi yang bertugas sebagai tenaga teknisi atau pelaksana
kegiatan administrasi,
Misal : tulis menulis, pengetikan,
penggandaan dll
Macam-macam personal kantor
a.
Administrator
(kepala administrasi) yaitu orang-orang yang menentukan tujuan dan
kebijaksanaan, memberikani garis-garis besar yang akan digunakan sebagai
pedoman pokok dalam pelaksanaan kegiatan-kegiatan guna mencapai tujuan
organisasi yang telah ditentukan
b.
Manager
(pimpinan pelaksana kerja) yaitu orang-orang yang memipin penyelenggaraan
kerja, menggerakkan orang lain, mendayagunakan uang, mesin, alat-alat dan
sarana lainnya untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan
c.
Staff
(pembantu ahli) yaitu mereka yang karena keahlian dan kecakapannya serta
kemampuannya dalam bidang-bidang tertentu bertugas membantu administrator dan
manager dalam kegiatannya untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditentukan
d.
Worker
(pegawai atau pekerja) yaitu mereka yang secara langsung digerakkan oleg
manager untuk bertindak sebagai pelaksana yang akan menyelenggarakan pekerjaan,
sehingga menghasilkan karya-karya yang diharapkan dalam usaha pencapaian tujuan
organisasi yang telah ditetapkan
Berdasarkan
fungsinya personal kantor terdiri atas :
a.
Personal
kantor sebagai tenaga managerial, yaitu pegawai kantor yng mempunyai jabatan
dan tugas sebagai pimpinan (manager) baik sabagai top manager, midle manager
ataupun lower manager. Misal : Direktur Utama, Direktur dll
b.
Personal
kantor sebagai tenag operasional yaitu pegawai kantor yang mempunyai tugas
sebagi pelaksana dan teknisi suatu pekerjaan kantor. Misal : Lower manager,
Supervisor, Worker
Selain personal
kantor di atas, ada yang menggolongkan sebagai berikut :
a.
Office
personil, yaitu personal kantor yang menjadi pelaku di dalam operasi ketata
usahaan. Dengan lain sebagai tenaga
ketatausahaan
b.
Personal
bukan tenaga ketatausahaan, yaitu personal kantor yang pekerjaannya di luar
kegiatan administrasi. Misal teknisi msin, perawat gedung, penjaga keamanan dll
Syarat Personal
Kantor
a.
Syarat
Pengetahuan
Adalah pengetahuan yang berdasarkn pada
profesi tertentu. Syarat ini dimaksudkan agr pegawai yang bersangkutan tidak
mengalami kesulitan dalam melaksanakan tugas dan pekerjaannya
b.
Syrat
Keterampilan
Adalah keterampilan dalam melakukan
tugas dan pekerjaan sesuai dengan bidang masing-masing. Syarat keterampila ini
menuntut untuk dapat melakukan sesuatan cermat dan berhasil
c.
Syarat
Kepribadian
Adalah
keselurhan sifat yang merupakan watak seseorang.
Syarat
kepribadian yang diperlukan oleh pegawai kantor adalah :
1.
Loyalitas
2.
Ketekunan
dan kerajinan
3.
Kesabaran
4.
Kerapihan
5.
Dapat
menyimpan rahasia
Tugas, wewenang
dan tanggung jawab personal kantor
a.
Top
manager (manajer umum, administrator, kepala kantor)
·
Menentukan
seluruh perencanaan, menerangkan tujuan yang akan dicapai, memberikan gambaran
tentang kebutuhan dari kantor
·
Menempatkan
orang yang cakap dalam kedudukan tertentu dengan memberikan upah yang layak
sesuai dengan hasil kerja yang dicapai
·
Melaksanakan
pengawasan, menyerahkan tanggung jawab dan kekuasaan kepada bawahan
·
Memelihara
dan mengembangkan organisasi secara tepat
·
Memelihara
dan mengembangkan sistem manajemen yang tepat
·
Menguasai
dan menghayati tugas pokok dari pada badan usaha (organisasi)
b.
Midle
manager (manager, kepala direktorat, kabag dsb)
·
Menterjemahkan
tujuan dari kebijaksanaan menjadi rencana kerja, serta mengamati apakah rencana
tersebut telah dilaksanakan
·
Melakukan
pembagian tugas kepada tingkat atau jabatan yang paling bawah
·
Menentukan
prosedur khusus bagi tiap-tiap tugas
·
Menentukan
batas waktu bagi pelaksanaan pekerjaan
·
Menentukan
alat-alat pengawasan yang sesuai
c.
Lower
manager (kasubag, kasi, supervisor, mandor)
·
Memimpin
pelaksanaan kerja
·
Bertanggung
jawab langsung terhadap hasil dan mutu pekerjaan
·
Menjaga
akan kualitas dari produk pekerjaan yang dihsilkannya
Pengadaan
Personal Kantor
Pengadaan
personal pada hakekatnya merupakan suatu mekanisme dan proses kegiatan untuk
mengisi formasi yang lowong. Proses ini meliputi perencanaan, pengumuman,
pelamaran,
Sumber-sumber
dalam pengadaan personal kantor
a.
Sumber
Internal
Adalah penarikan
tenaga kerja yang akan mengisi lowongan atau memangku jabatan kosong tersebut
diambil dari dalam perusahaan.
Keuntungan
penarikan pegawai dari intern adalah :
·
Mempertinggi
semangat kerja pegawai terutama bagi mereka yang mengharapkan promosi
·
Loyalitas
yang tinggi dari pegawai terhadap perusahaan
·
Praktis
dan ekonomis
·
Terjadinya
persaingan yang sehat, apabila dilaksanakan secara adil dan objektif
·
Seleksi
mudah dilaksanakan
Kelemahan penarikan pegawai dari intern
:
·
Bilamana
promosi itu obyektif akan timbul rasa tidak puas dari para pegawai
·
Adanya
promosi yang dipaksakan
·
·
Dapat
menghambat ide (jarang timbul ide-ide baru karena terpaku kepada kebiasaan yang
sudah-sudah)
b.
Sumber
Eksternal
·
Penarikan
melalui teman-teman pegawai
·
Penarikan
melalui badan-badan penempatan tenaga kerja
·
Penarikan
melalui lembaga pendidikan
·
Penarikan
melalui iklan
·
Penarikan
melalui sumber lain, misal : lingkungan pertanian, imigran dan imigrasi
Keuntungan penarikan dari luar
perusahaan :
·
Timbulnya
ide-ide baru
·
Tersedianya
banyak jumlah pelamar
·
Didapatkan
pegawai yang berbobot dan memenuhi pesayratan
·
Memberikan
kesempatan kepada masyarakat umum
Kelemahan penarikan pegawai dari luar
perusahaan :
·
Kurang
praktis dan ekonomis
·
Tidak
setiap kebutuhan tersedia
·
Adanya
kebiasaan yang kurang sesuai dengan perusahaan
·
Loyalitas
yang kurang
·
Kemungkinan
mereka belum berpengalaman
Analisis
Jabatan, Deskripsi dan Uraian Jabatan personal kantor
a.
Analisis
Jabatan
Adalah suatu proses atau usaha
penyelidikan secara mendalam mengenai tugas, kewajban dan tanggung jwab dari
suatu jabatan atau pekrerjaan
Analisia jabatan dapat dibedakan ke
dalam 4 jenis yaitu:
·
Job
analys for personal spesification, yaitu analisis jabatan untuk menentukan syarat
pegawai
·
Job
analys for training purpose, yaitu analisa jabatan untuk tujuan latihan
·
Job
analys for setting rates, yaitu analisis jabatan untuk menentukan nilai
·
Job
analys for method improvements, yaitu analisis jabatan untuk menentukan metode
Manfaat dari analisa jabatan :
·
Menentukan
dalam reqruitment (penarikan) seleksi dan penempatan para pegawai
·
Membantu
dalam penetapan dasar penggajian
·
Membantu
pegawai untuk mengenal tugasnya
·
Membantu
dalam pengawasan dan evaluasi pegawai
·
Membantu
dalam mengadakan program latihan
·
Menghasilkan
uraian jabatan
·
Membantu
dalam pemindahan dan promosi
·
Membantu
dalam perbaikan syarat-syarat pekerjaan
b.
Uraian
Jabatan atau Pekerjaan (job description)
Job description berfungsi untuk
menguraikan fungsi, tugas, tanggung jawab, wewenang, kondisi kerja dan
segi-segi yang berkitan dengan pekerjan yang melekat pada suatu jabatan tertentu.
c.
Perincian
Pekerjaan (Job spesification)
Secara umum perincian pekerjaan memuat
ringkasan pekerjaan yang jelas yang diikuti oleh kualifikasi definitif yang
dibutuhkan dari pemangku jabatan, antara lain :
·
Tingkat
pendidikan
·
Keadaan
fisik
·
Mental
dan karakter
·
Pengetahuan
dan kecakapan
·
Status
(nikah atau belum nikah)
·
Jenis
kelamin
·
Batas
umur
·
Tugas-tugas
Pengembangan
Personal Kantor
a.
Pengertian,
tujuan dan macam pengembangan personel
Pengembangan personal kantor atau sering
disebut dengan istilah pengembangan pegawai adalah suatu usaha yng ditujukan
untuk memajukan atau mningkatkan pegawai, baik dari segi karier, pengetahuan
maupun segi kemampuan guna pertumbuhan yang terus menerus di dalam orgnisasi.
amenyelesaikan suatu pekerjaan yang
dibebankan kepadanya serta dapat memelihara dan meningkatkan kecakapan dan
kemampuannya itu secara teratur dan pasti.
Tujuan pengembangan personal kantor :
·
Meningkatkan
produktivitas personal dan organisasi
·
Meningkatkan
kualitas produk organisasi
·
Mempertahankan
dan meningkatkan semangat personal serta menciptakan iklim kerja yang
menyenangkan
·
Memelihara
kesehatan mental dan fisik personal
·
Meningkatkan
konfensasi secara tidak langsung
·
Menumbuhkan
kemampuan personal secra individual dan sekaligus mencegah merosotnya kemampuan
personal
b.
Pendidikan
dan latihan pegawai
Perbedaan pendidikan dan latihan
·
Pendidikan
lebih bersifat teoritis sedangkan latihan bersifat praktis
·
Pendidikan
waktunya lama, sedangkan latihan dalam waktu singkat
·
Materi
pendidikan bersifat umum atau general, sedangkan materi latihan bersifat khusus
atau spesifik
·
Biasanya pendidikan diberikan untuk para pimpinan,
sedangkan latihn untuk tenaga pelaksana
Khusus untuk Pegawai Negeri pendidikan
adalah untuk meningkatkan kepribadian, pengetahuan dan kemampuannya sesuai
dengan tuntutan persyaratan jabatan dan pekerjaannya sebagai Pegawai Negeri.
Sedangkan Latihan Pegawai Negeri adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan
sesuai dengan tuntutan persyaratan pekerjaannya sebagai Pegawai Negeri, dimana
yang bersangkutan ditempatkan
Tujuan pendidikan dan latihan :
·
Pengikut
latihan dapat melakukan pekerjaannya lebih efisien
·
Efektif
dalam pengawasan
·
Pengikut
latihan dapat berkembang dengan cepat
·
Terciptanya
stabilisasi pegawai ata mengurangi labour turn over
Manfaat pendidikan dan latihan :
·
Menjamin
tersedianya tenaga kerja yang mempunyai keahlian
·
Pegawai
dapat melaksanakan tugasnya dengan mudah dan dapat menggunakan fikiran secara
kritis
·
Pegawai
lebih cepat berkembang dan lebih efisien dalam bekerja
·
Menciptakan,
mengembangkan dan memperbaiki cara-cara bekerja yang lebih baik dan efisien
·
Membantu
stabilitas pegawai
·
Mendorong
pegawai untuk memberikan jasanya dalam waktu yang lebih lama
·
Efisien
dalam biaya biaya
Mutasi, promosi
dan demosi personal kantor
a.
Mutasi
personal kantor
Mutasi
adalah pemindahan pegawai dari suatu jabatan ke jabatan lain, baik pemindahan
itu sifatnya setaraf dengan jabatan sebelumnya, naik ke jabatan yang lebih
tinggi, maupun turun ke jabatan yang lebih rendah
Tujuan mutasi pegawai
·
Meningkatkan
produktivitas kerja pegawai
·
Membina
karier pegawai berdasarkan prestasi kerjanya
·
Menghilangkan
rasa bosan atau jenuh pada diri pegawai
·
Menambah
atau melengkapi tenaga ahli pada suatu bagian
·
Mengisi
kekosongan jabatan, agar stabilitas organisasi tetap terjaga dengan baik
b.
Promosi
personal kantor
Promosi adalah penaikan jabatan, yakni
mmenerima kekuasaan dan tangung jawab lebih besar dari kekuasaan dan tanggung
jawab sebelumnya
Sebab-sebab
promosi :
·
Untuk
mempertinggi semangat kerja
·
Untuk
menjamin stabilitas kepegawaian
·
Untuk
dapat mmajukan pegawai
Langkah-langkah dalam promosi
·
Adanya
pekerjaan atau jabatan yang kosong
·
Menentukan
calon atau pegawai yang memenuhi syarat, seperti :
-
Pangkat
atau golongan
-
Pendidikan
formal atau ijazah terakhir
-
Pengalaman
atau masa kerja
-
Daftar
Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan (DP3)
-
Daftar
urut kepangkatan
c.
Demosi
personal kantor
Demosi adalah
pemindahn pegawai dari suatu jabatan ke jabatan atau kedudukan dan tanggung
jawab yang lebih rendah.
Pada dasarnya penurunan terjadi karena
beberapa sebab, antara lain:
·
Pegawai
melakukan tindakan yang dapat merugikan peruahan, sehingga perlu diberikan
hukuman
·
Pegawai
menolak atau mau kembali kepada semula
·
Keadaan
perusahaan mengalami krisis, sehingga perusahaan melakukan reorganisasi atau
penciutan
·
Keadaan
pasar tenaga kerja, dimana supply melebihi demand
artikel yang sangat membantu saya yang lagi butuh materi untuk tugas kuliah
BalasHapusartikel yang sangat membantu saya yang lagi butuh materi untuk tugas kuliah
BalasHapusAssalamualaikum wrb salam persaudaraan,perkenalkan saya Sri Wulandari asal jambi,maaf sebelumnya saya hanya mau berbagi pengalaman kepada saudara(i) yang sedang dalam masalah apapun,sebelumnya saya mau bercerita sedikit tentang masalah saya,dulu saya hanya penjual campuran yang bermodalkan hutang di Bank BRI,saya seorang janda dua anak penghasilan hanya bisa dipakai untuk makan anak saya putus sekolah dikarenakan tidk ada biaya,saya sempat stres dan putus asa menjalani hidup tapi tiap kali saya lihat anak saya,saya selalu semangat.saya tidak lupa berdoa dan minta petunjuk kepada yang maha kuasa,tampa sengaja saya buka internet dan tidak sengaja saya mendapat nomor tlpon Aki Sulaiman,awalnya saya Cuma iseng2 menghubungi Aki saya dikasi solusi tapi awalnya saya sangat ragu tapi saya coba jalani apa yang beliau katakan dengan bermodalkan bismillah saya ikut saran Aki Sulaiman saya di ritualkan dana gaib selama 3 malam ritual,setelah rituialnya selesai,subahanallah dana sebesar 2M ada di dalam rekening saya.alhamdulillah sekarang saya bersyukur hutang di Bank lunas dan saya punya toko elektronik yang bisa dibilang besar dan anak saya juga lanjut sekolah,sumpah demi Allah ini nyata tampa karangan apapun,bagi teman2 yang mau berhubungan dengan Aki Sulaiman silahkan hub 085216479327 insya Allah beliau akan berikan solusi apapun masalah anda mudah2han pengalaman saya bisa menginspirasi kalian semua,Assalamualaikum wrb.JIKA BERMINAT SILAHKAN HUB AKI SULAIMAN 085-216-479-327,TAMPA TUMBAL,TIDAK ADA RESIKO APAPUN(AMAN) .
BalasHapus